Selamat Datang

Metodologi Penelitian Lingkungan adalah blog yang dibuat untuk mendukung mahasiswa Magister Ilmu Lingkungan Undana mempelajari metodologi penelitian. Untuk memperoleh dasar yang memadai dalam mempelajari Metodologi Penelitian, silahkan kunjungi blog Baru Belajar Meneliti yang dibuat untuk membantu mahasiswa Program Sarjana Fakultas Pertanian mempelajari metodologi penelitian. Silahkan kunjungi blog Ilmu Lingkungan untuk memastikan bahwa sebagai mahasiswa ilmu lingkungan, mempelajari metodologi penelitian perlu dikaitkan dengan permasalahan lingkungan. Blog ini menyajikan pokok bahasan sebagaimana ditunjukkan oleh digit pertama nomor materi dan materi sub-pokok bahasan sebagaimana ditunjukkan oleh digit kedua nomor materi. Mahasiswa wajib membaca seluruh materi dengan angka digit pertama yang sama untuk mempersiapkan diri mengikuti setiap kali perkuliahan. Silahkan klik halaman Daftar Isi untuk mengakses materi kuliah secara langsung.

Sunday, April 2, 2017

8.1. Sudahkan Anda Membaca Seluruh Tulisan dalam Setiap Pokok Bahasan serta Mengerjakan Semua Latihan Pembelajaran Kasus?

Waktu berlalu begitu cepat tanpa kita sadari. Setiap kali menunda pekerjaan, Anda akan merasakan seperti apa konsekuensinya. Saya sudah mengingatkan pada setiap kali kuliah tatap muka, bahwa selain duduk manis menghadiri kuliah, Anda juga harus mengerjakan tugas dengan mengomentari setiap tulisan blog dan mengerjakan praktikum menyusun proposal penelitian, masing-masing dengan panduan yang telah saya berikan pada halaman Tugas & Softskill dan halaman Praktikum. Sekarang tiba waktunya Anda harus memasukkan laporan tugas dan laporan praktikum serta mengikuti ujian praktikum dengan melakukan presentasi dan mengikuti Ujian Tengah Semester dengan membaca setiap tulisan yang terdapat dalam setiap pokok bahasan, mulai dari Pokok Bahasan 1 sampai dengan Pokok Bahasan 6. Tidak ada lagi alasan untuk menunda, tetapi meskipun demikian saya masih bersedia memberikan waktu sampai pada minggu depan.
Pokok Bahasan 8: Materi Kuliah
8.1.1a. Membaca Materi 7.3.
Sebelum mengikuti Ujian Tengah Semester, pastikan bahwa Anda sudah memasukkan laporan tugas dengan mengikuti panduan yang tersedia pada halaman Tugas & Softskill. Kemudian pastikan bahwa Anda sudah memasukkan laporan praktikum yang terdiri atas file proposal penelitian dan file presentasi proposal penelitian sebagaimana panduan yang tersedia pada halaman Praktikum. Pastikan bahwa Anda memasukkan file dengan memperrhatikan tanggal tenggat pemasukan file yang tertera pada panduan agar tidak mendapat sanksi pengurangan nilai. Mengerjakan tugas dan praktikum akan membantu Anda menyiapkan diri mengerjakan Ujian Tengah Semester. Oleh karena itu, jangan menunda lagi, lakukan mulai sekarang. Jangan menggunakan alasan sibuk sebab semua orang yang sudah bekerja pasti mempunyai kesibukan masing-masing. Seperti Anda, saya juga demikian, tetapi saya berusaha memenuhi tanggung jawab saya kepada Anda menyiapkan tulisan dan panduan untuk membantu Anda belajar Metodologi Penelitian Lingkungan.

Untuk menyiapkan diri menghadapi Ujian Tengah Semester, Anda perlu membaca setiap tulisan yang menjadi bagian setiap pokok bahasan. Dalam membaca setiap tulisan, Anda harus mengklik setiap tautan yang saya berikan karena materi kuliah yang sebenarnya berada pada tautan yang saya berikan, bukan pada tulisan saya. Tulisan saya hanyalah merupakan panduan bagi Anda untuk mengaitkan berbagai materi yang menjadi bagian setiap pokok bahasan. Saya tidak bisa memastikan, sejauh mana Anda sudah berkenan, ya berkenan, sebab sekarang ini dosen harus memohon, benar-benar memohon dalam arti kata yang sebenarnya, kepada mahasiswanya agar mahasiswanya bersedia belajar dengan cara membaca. Seandainya Anda sudah membaca tulisan segera setelah tulisan saya publikasikan, saya yakin Anda tidak akan mengalami kesulitan mengatur waktu. Namun kalau Anda terus menunda maka saya tidak bisa membantu, bagaimana harus mengatur waktu mambaca setiap tuilisan yang telah saya sediakan.

Selain menyampaikan materi melalui tautan pada setiap tulisan, saya juga mengharapkan Anda berkenan membuka halaman Pustaka Metodologi dan Pustaka Lingkungan untuk memperoleh materi tambahan mengenai metodologi penelitian dan materi tambahan mengenai ilmu lingkungan. Mudah-mudahan Anda sudah berkenan membuka kedua halaman tersebut dan mengklik setiap tautan yang saya sediakan. Ya mudah-mudahan sebab saya khawatir Anda belum melakukannya. Mungkin Anda beralasan sibuk atau mengalami kendala bahasa. Benar, setiap orang yang sudah bekerja pasti mempunyai kesibukan. Soal bahasa, bukankah Anda sudah pernah mempelajari Bahasa Inggris selama 6 tahun lebih? Mengapa saya menggunakan pustaka dalam bahasa Inggris, bukan dalam bahasa Indonesia, tentu ada alasannya. Pertama, mungkin ada pustaka dalam bahasa Indonesia, tetapi tidak ada yang tersedia gratis seperti halnya pustaka dalam bahasa Inggris. Bagaimanapun juga, Anda perlu belajar menggunakan pustaka dalam bahasa Inggris sebab mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, Bahasa Inggris merupakan bahasa ilmu pengetahuan.

Selain menguasai teori, untuk menuntaskan mempelajari matakuliah Metodologi Penelitian Lingkungan ini ini Anda juga dituntut untuk menguasai beberapa keterampilan. Untuk membantu Anda menguasai keterampilan yang diperlukan, saya menyediakan halaman Sumberdaya. Yang saya khawatirkan adalah sudahkan Anda membuka halaman Sumberdaya tersebut dan kemudian mengklik setiap tautan yang saya sediakan untuk mempelajari keterampilan yang perlu Anda kuasasi? Saya berharap, sangat berharap bahkan, Anda sudah pernah membuka halaman Sumberdaya tersebut dan mengklik setiap tautan yang saya berikan untuk mempelajari keterampilan yang Anda perlukan, mulai dari keterampilan mengenai penggunaan pustaka, perujukan pustaka, pengelolaan pustaka, teknik analisis kualitatif, teknik analisis kuantitatif, teknik analisis spasial, sumber data sekunder, kemampuan menulis akademik, penyiapan presentasi, sampai pada penggunaan program aplikasi pendukung. Kalau masih ada yang kurang, Anda bisa menyampaikan keterampilan apa yang Anda perlukan.

Lalu mungkin Anda bertanya, kita-kira seperti apa soal Ujian Tengah Semester yang akan saya ujikan? Berapa banyak soal ujian yang harus Anda kerjakan? Atau mungkin ada di antara Anda yang berharap dapat memperoleh bocoran soal ujian? Yang jelas, soal ujian yang akan saya berikan bukan merupakan soal pilihan ganda. Soal akan berupa pertanyaan isian, tetapi bukan pertanyaan isian mengenai definisi atau pengertian suatu konsep atau teori. Saya menganggap pertanyaan-pertanyaan semacam itu cukup diberikan kepada mahasiswa program sarjana semester-semester awal. Anda sekarang kuliah pada jenjang program magister sehingga Anda dituntut menguasai bidang ilmu lebih daripada menebak-nebak pilihan. Anda dituntut menguasai bidang ilmu lebih dari sekedar menjelaskan konsep arau teori. Anda dituntut untuk mampu mengubungkan antara teori dan konsep yang Anda pelajari dengan realitas yang Anda hadapi dalam kehidupan nyata.

Untuk menguji kemampuan Anda menghubungkan antara konsep dan teori dengan realitas kehidupan nyata maka saya akan menyampaikan soal ujian yang dimulai dengan uraian mengenai kasus yang dihadapi dalam realitas kehidupan sehari-hari. Kasus-kasus tersebut akan mewakili pokok bahasan yang meterinya telah saya antarkan melalui kuliah tatap muka maupun melalui tulisan pengantar dalam blog matakuliah. Saya mengharapkan Anda membaca kasus tersebut dan mengaitkan kasus dengan tulisan pengantar dalam blog sebelum menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan kasus yang saya berikan. Dalam menjawab pertanyaan, saya mengharapkan Anda dapat memberikan argumentasi daripada sekedar memberikan penjelasan. Itulah sebabnya saya memohon kepada Anda untuk membaca setiap tulisan pengantar yang sudah saya berikan, supaya saya bisa membantu Anda menjawab setiap pertanyaan yang saya berikan mengenai kasus yang berkaitan dengan tulisan tertentu dalam blog matakuliah. Sesederhana itu sebenarnya, tetapi terserah kepada Anda untuk menjadikan ujian sebagai sesuatu yang sederhana atau sesuatu yang rumit.

Anda bisa menjadikan soal ujian sebagai sesuatu yang sederhana bila jauh-jauh hari Anda berkenan membaca setiap tulisan beitu tulisan saya publikasikan. Dengan membaca lebih awal maka Anda akan mempunyai waktu untuk merenungkan isi tulisan dan membaca ulang bila dengan sekali membaca Anda masih belum bisa memahami sepenuhnya isi tulisan. Namun bila Anda terus saja menunda dengan alasan sibuk atau entah alasan apa lagi, Anda dengan sendirinya akan menjadikan soal ujian sebagai sesuatu yang rumit, sesuatu yang menakutkan bahkan. Saya menyampaikan ini berdasarkan atas pengalaman saya sendiri karena ketika kuliah dahulu, karena alasan yang tidak bisa saya abaikan, saya tidak bisa menyiapkan diri dengan baik untuk mempelajari materi ujian sejak awal. Begitulah, saya harus membaca buku teks puluhan bahkan ratusan halaman hanya dalam beberapa hari. Hasilnya, soal ujian menjadi sesuatu yang sangat menakutkan. Apa yang sudah saya baca begitu saja terlupakan ketika saya berhadapan dengan soal ujian.

Soal ujian akan saya sampaikan secara daring di bawah tulisan pengantar ini pada hari dan jam ujian nanti. Soal ujian mencakup seluruh pokok bahasan yang diampu oleh dosen penguji dan telah disampaikan melalui kuliah tatap muka yang dilengkapi dengan tulisan pos blog. Pada saat ujian mahasiswa diperkenankan membaca seluruh tulisan pos blog dan seluruh tautan yang disertakan pada setiap tulisan. Mahasiswa boleh mendiskusikan pertanyaan, tetapi harus menjawab dengan menggunakan jawaban dan kalimat sendiri. Mahasiswa yang menjawab denga menyalin jawaban mahasiswa lain akan dikenai peotongan nilai yang dapat menyebabkan tidak lulus. Silahkan terlebih dahulu membaca dan memahami kasus yang mendajului pertanyaan, sebelum menjawab pertanyaan. Silahkan menjawab pertanyaan tanpa berbasa-basi, mengulang pertanyaan, melainkan langsung dengan mengetikkan jawaban. Setelah memasukkan jawaban dan menerima pengumuman hasil ujian, saya tidak akan pernah menerima mahasiswa yang menghubungi untuk menegosiasikan nilai hasil ujian.

8.1.1b. Membaca Pustaka Wajib
Silahkan mengklik setiap tautan yang diberikan pada materi kuliah ini dan mengunduh pustaka yang disediakan dari halaman Pustaka Wajib dan membaca judul bab atau sub-bab yang berkaitan dengan materi kuliah ini. Silahkan bagi file buku menjadi file terpisah untuk setiap bab dengan menggunakan layanan Free PDF Editor Online. Selanjutnya ubah format file dari format PDF ke format DOC dengan menggunakan layanan konversi format file daring untuk kemudian diterjemahkan dengan menggunakan layanan Penerjemahan Dokumen dari Google Translate.

***
Kembali ke Materi Sebelumnya
Lanjutkan ke Materi Berikutnya

***
Hak cipta: I Wayan Mudita (2019)
Revisi pertama: 3 Maret 2019. revisi menyeluruh termutakhir: 12 Maret 2020.

Creative Commons License

Untuk memahami tulisan singkat ini secara lebih tuntas, silahkan klik setiap tautan yang tersedia. Bila Anda adalah mahasiswa peserta kuliah Metodologi Penelitian Lingkungan PPs Undana semester genap 2019/2020, Anda wajib menyampaikan komentar sebagai tugas selambat-lambatnya pada 28 Maret 2020.